Jumat, 21 Oktober 2011

Contoh Laporan PPL Universitas Negeri Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN

Perguruan tinggi merupakan salah satu ujung tombak pendidikan nasional meskipun demikian, kehadirannya masih belum dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Menjembatani masalah tersebut perguruan tinggi mencoba melahirkan Tri Darma Perguruan Tinggi yang meliputi  masalah pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat.
            Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan sinergi dari pihak universitas, sekolah dan mahasiswa. Tentunya peran mahasiswa dalam kegiatan ini adalah mampu memberikan kontribusi positif  bagi  sekolah dalam rangka peningkatan maupun pengembangan program-program sekolah dan mengadakan pembenahan serta perbaikan baik secara fisik maupun secara non fisik guna menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh karena itu mahasiswa peserta PPL berusaha untuk merancang dan melaksanakan program-program PPL yang sejalan dengan program sekolah sebagai upaya untuk lebih memajukan sekolah diberbagai bidang. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mengukur kesiapan dan kemampuan untuk menjadi innovator mediator  problem solver dalam menghadapi berbagai permasalahan di sekolah dan di dunia pendidikan pada umumnya.
            SMK Negeri 2 Purworejo merupakan salah satu sekolah yang dijadikan sasaran KKN-PPL oleh UNY, sebagai sekolah yang menjadi sasaran, diharapkan pasca program ini SMK Negeri 2 Purworejo lebih aktif dan kreatif. Dengan pendekatan menyeluruh diharapkan lingkungan sekolah menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dalam mengikuti Proses Belajar mengajar, karena dalam pendekatan ini dimensi kognitif, afektif maupun psikomotorik siswa mendapatkan ruang partisipasi yang lapang. Mahasiswa diharapkan dapat memberikan bantuan pemikiran tenaga dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan program penembangan sekolah dengan seluruh komponen-komponen masyarakat, sekolah perlahan-lahan dapat meningkatkan mutu pendidikan. 

A.    Analisis Situasi
SMK Negeri 2 Purworejo merupakan SMK Negeri yang menjadi salah satu lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas  Negeri Yogyakarta. Secara administratif SMK Negeri 2 Purworejo terletak di wilayah Kutoarjo, Purworejo. Sekolah ini berada di wilayah yang cukup strategis, hal ini dikarenakan wilayah ini merupakan wilayah yang banyak mempunyai lembaga pendidikan dan banyak jalur transportasi yang melewati wilayah ini. SMK Negeri 2 Purworejo merupakan SMK Negeri yang cukup maju di daerah Kutoarjo. Dilihat dari segi fisik sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah ini cukup memadai. Sekolah ini memiliki 22 kelas untuk belajar dan beberapa ruang kelas yang sedang di bangun. Di samping itu juga memiliki sarana dan prasarana yang menunjang proses belajar mengajar terdapat fasilitas antara lain: ruang kepala sekolah, ruang wakil kepala sekolah dan ketua program keahlian, ruang guru, ruang TU, ruang instruktur, ruang UKS, ruang BK, ruang OSIS, mushola, serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dibangun beberapa laboratorium, di antaranya 1 laboratorium akuntansi, 1 laboratorium perkantoran, 1 laboratorium penjualan, 1 laboratorium perhotelan, 1 laboratorium komputer, 1 laboratorium bahasa, 1 laboratorium mengetik, 1 bank sekolah, dan 1 koperasi sekolah sebagai sarana praktik langsung. Selain itu guna menunjang proses pembelajaran dibangun juga perpustakaan. Guna meningkatkan kesehatan dengan berolahraga maka dibangunlah sarana-sarana olah raga, seperti lapangan basket, lapangan volley, lapangan badminton, dan sepak bola.
Bangunan gedung tertata rapi dan terawat dengan baik. Untuk memperindah suasana, maka dibuat taman-taman di sekitar sekolah dan untuk menjaga kebersihan diberi tempat sampah di masing-masing kelas.
Administrasi sekolah tertib, di mana setiap guru dan karyawan diberi presensi setiap hari, yang pada akhir bulan presensi tersebut akan direkap. Untuk administrasi siswa juga tertib, setiap akhir bulan kehadiran siswa akan direkap untuk diteliti siapa saja murid yang mengalami masalah dengan presensi. Selain itu sekolah ini membuka program tambahan untuk siswa-siswi atau biasa disebut dengan ekstrakurikuler. Siswa yang mempunyai minat di bidang tertentu dapat menyalurkan minat dan bakatnya pada kegiatan ini. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah ini antara lain: pramuka, olah raga (volley, badminton, sepak bola, dan basket), drum band, dan PMR. Dari beberapa kegiatan tersebut diperlukan adanya peningkatan yang dapat meningkatkan kualitas minat siswa dalam kegiatan-kegiatan tersebut.
Ruang perpustakaan SMK Negeri 2 Purworejo cukup representatif, di mana buku-buku tertata dengan rapi dan sistem administrasinya menggunakan komputer. Untuk pengadaan buku, pihak sekolah mencari bantuan dari dinas pendidikan dan dari siswa SMK Negeri 2 Purworejo.
SMK Negeri 2 Purworejo juga mengadakan karya ilmiah guru untuk kenaikan pangkat para guru SMK Negeri 2 Purworejo. Selain itu juga diadakan karya tulis ilmiah remaja untuk siswa-siswi biasanya karya ilmiah tersebut diadakan dalam bentuk lomba.
Untuk kegiatan keorganisasian siswa, SMK Negeri 2 Purworejo juga membentuk Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang bertempat di SMK tersebut. Dalam melaksanakan kepengurusan dan kegiatannya disediakan ruangan bagi OSIS sebagai kantor yang dapat digunakan untuk bermusyawarah, membahas program, dan melaksanakan kegiatan lain-lainnya. Berdasarkan hasil observasi dapat diperoleh gambaran lingkungan fisik sekolah sebagai berikut:
1.      Kondisi Fisik Sekolah
Kondisi fisik sekolah cukup baik terdiri atas dua lantai. Lantai 1 terdiri dari ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, ruang MS/BKK, 14 ruang kelas dan beberapa gedung sedang dibangun, bank sekolah, koperasi sekolah, cafe, UKS, 1 laboratorium mengetik manual, 1 laboratorium akuntansi, 1 laboratorium bahasa, 1 laboratorium perhotelan yang terdiri dari bagian ruang tamu, bagian kamar, dan bagian dapur, serta sarana penunjang lainnya seperti ruang sidang, gudang, 10 toilet siswa, dan 2 toilet guru. Di lantai dua terdapat 1 laboratorium perkantoran, perpustakaan, ruang BK, 1 laboratorium komputer, ruang OSIS, dan ditunjang dengan 4 toilet. Untuk kegiatan berolah raga, baik siswa maupun guru dan karyawan lainnya menggunakan lapangan yang ada. Lapangan yang ada antara lain, lapangan basket, lapangan tennis, lapangan volley, dan tanah lapangan yang cukup luas untuk dapat digunakan sebagai sarana olah raga.
2.      Fasilitas KBM termasuk media
Fasilitas kelas        :  black board, whiteboard, dan alat tulis.
Praktik                   :  laboratorium komputer, laboratorium mengetik, labortorium akuntansi, bank sekolah, koperasi sekolah, cafe, laboratorium perkantoran yang dilengkapi dengan sarana berupa mesin tik, mesin faximile, komputer, LCD, OHP, dan laptop.
3.      Personalia Sekolah     
Kepala Sekolah                                                     : Drs. Sumarso, M.M.
Yang dibantu oleh beberapa wakil diantaranya:
Wakil Kepala Bidang Kesiswaan                         : Drs. Djatmika
Wakil Kepala Bidang HUMAS                            : M.M.  Mardjuki, S.Pd.
Wakil Kepala Bidang Kurikulum                         : Drs. Jhun Sudarmanto
Wakil Kepala Bidang Ketenagaan                        : Budi Pranoto
Wakil Kepala Bidang Mutu Manajemen              : Drs. L. Tito Raharto
Ketua Prog. Keahlian Akuntansi                          : Retno Partiningsih
Ketua Prog. Keahlian Akomodasi Perhotelan      : Dra. Sri Purwatiningsih
Ketua Prog Keahlian Penjualan                            : Drs. Sutardjo
Ketua Prog. Keahlian Administrasi Perkantoran  : Drs. Imam Subekhi
Koordinator Bimbingan Konseling                       : Samidi Edi Susanto, BA
Staf Pengajar                                                         :  59 staf pengajar yang terdiri dari 43 orang guru tetap negeri (PNS) dan 16 Guru Tidak Tetap (GTT)
Staf Tata Usaha  dan Karyawan                           : 7 orang diketuai oleh Bambang Wesiadji
4.      Perpustakaan
Perpustakaan SMK Negeri 2 Purworejo ini berukuran 10 X 12 meter dan dijaga oleh dua orang, yaitu Pak Joko Wanto dan Ibu Marsiyatun. Dengan buku koleksinya adalah sebagai berikut:
a.       Karya Umum                                   :  201 judul berjumlah 42 eksemplar
b.      Filsafat                                             :  126 judul berjumlah 4406 eksemplar
c.       Agama                                              :  231 judul berjumlah 1430 eksemplar
d.      Ilmu Pengetahuan Sosial                  :  460 judul berjumlah 6829 eksemplar
e.       Ilmu Pengetahuan Bahasa                :  137 judul berjumlah 3476 eksemplar
f.       Ilmu Pasti dan Pengetahuan Alam   :  132 judul berjumlah 2260 eksemplar
g.      Pengetahuan Praktik dan Ktrmpln.  :  503 judul berjumlah 11.119 eksemplar
h.      Kesenian, OR, dan Permainan         :  41 judul berjumlah 636 eksemplar
i.        Kesusastraan                                    :  69 judul berjumlah 125 eksemplar
j.        Sejarah, Biografi, dan Ilmu Bumi    :  117 judul berjumlah 853 eksemplar
k.      Fiksi                                                 :  431 judul berjumlah 1008 eksemplar
5.      Laboratorium
Laboratorium kompueter  :  Terdapat 42 buah komputer dan terbagi pada 2 ruang
Laboratorium mengetik     :  Terdapat 42 mesin ketik dan berfungsi dengan baik
Laboratorium Sekretaris    :  LCD dan 2 buah laptop, komputer, mesin ketik manual, mesin ketik listrik, OHP, dan brankas.
6.      Ruang Kepala Sekolah
Ruang kepala sekolah berukuran 5 x 4 meter digunakan oleh kepala sekolah untuk menjalankan tugasnya. Ruangan ini di lengkapi dengan dua set meja kursi tamu, 1 set meja kerja, 1 buah locker, 1 buah jam dinding, 1 buah papan struktur organisasi, lemari buku, serta alat komunikasi, dan inventaris lainnya terdapat disana, sehingga memudahkan kepala sekolah melakukan koordinasi dengan guru dan karyawan.
7.      Ruang MS/BKK
Ruang ini merupakan ruangan untuk wakil kepala sekolah dan kepala program keahlian. Guna menunjang kegiatan wakil kepala sekolah dan kepala program keahlian, maka di ruangan ini di lengkapi dengan 1 unit komputer lengkap dengan printernya, 4 set meja, 2 buah lemari, dan 1 buah locker.
8.      Ruang Guru
Ruang guru dengan dilengkapi meja dan kursi untuk masing-masing guru. Jadwal mengajar guru dapat langsung terlihat ketika seseorang memasuki ruangan tersebut karena papan jadwal berada di dekat pintu masuk dan kaca ruang guru.
9.      Ruang Tata Usaha
Tata Usaha mempunyai tugas penting dalam pengadministrasian sekolah. Ruang ini merupakan ruangan pelayanan bagi seluruh komponen sekolah, mulai dari siswa sampai dengan kepala sekolah, juga masyarakat terutama orang tua/wali siswa.


Barang-barang pendukung fungsi kerja bagian Tata Usaha adalah:
No
Nama Barang
Jumlah
Kondisi
1.
Meja kursi kerja
11 Unit
Baik
2.
Komputer
4 Unit
Baik
3.
Almari
5 Unit
Baik
4.
Locker
6 Unit
Baik
5.
Printer
3 Unit
Baik
6.
Jam dinding
2 Unit
Baik
7.
Mesin tik
3 Unit
Baik
8.
Mesin faximile
1 Unit
Baik
9.
Kursi sofa
2 Set
Baik
10.
Dispenser
1 Unit
Baik
11.
Piala
3 Unit
Baik
12.
Laptop
1 unit
Baik

10.  Ruang UKS
Rung UKS disediakan sekolah untuk siswa yang sakit ringan sehingga tidak dapat mengikuti pelajaran untuk sementara waktu. Di UKS ini terdapat beberapa macam obat berbagai jenis penyakit dan dua buah tempat tidur serta dua buah meja dan kursi untuk petugas UKS.
11.  Lingkungan Sekolah
Lingkungan SMK Negeri 2 Purworejo terletak di daerah yang strategis diantara pemukiman penduduk dan lokasinya mudah dijangkau. Untuk keadaan disekitar lingkungan gedung sekolah antara lain :
a.       Sebelah utara         : terdapat jalan perumahan penduduk
b.      Sebelah timur        : terdapat pemukiman penduduk
c.       Sebelah barat         : SKB dan perumahan penduduk
d.      Sebelah selatan      : Perkebunan
12.  Fasilitas Olah Raga
Untuk kegiatan olah raga di gunakan lapangan volley, lapangan basket, lapangan tenis, dan lapangan tenis meja.
13.  Bimbingan dan Konseling
Bimbingan dan Konseling berjalan dengan baik. Untuk kelas satu, guru BK mengisi jam di kelas sedangkan kelas dua dan tiga tanpa jam masuk kelas. Masalah yang sering muncul adalah masalah individu, seperti keterlambatan dan pakaian yang tidak sesuai dengan peraturan. Para siswa yang melanggar akan mendapatkan point pelanggaran. Ketentuan mengenai point pelanggaran, terlampir.
Peralatan pokok/barang-barang inventaris ruang BK adalah sebagai berikut:
No
Nama Barang
Jumlah
Kondisi
1.
Meja kursi bimbingan
1 Set Sofa
Baik
2.
Meja kerja
5 Set
Baik
3.
Kursi kerja
5 Set
Baik
4.
Almari
2 Unit
Baik
5.
Mesin ketik manual
1 Buah
Baik
6.
Jam dinding
1 Buah
Baik
7.
Taplak meja
4 Buah
Baik
8.
Papan temple
3 Buah
Baik
9.
Telepon lokal sekolah
1 unit
Baik

14.  Interaksi Sosial Personalia
Hubungan sosial antara personalia, mereka saling memahami dan menghormati, sehingga dapat menghasilkan kerja yang optimal.
15.  Interaksi Sosial Guru-Siswa
Interaksi sosial guru-siswa terhadap hubungan yang harmonis dan kekeluargaan. Siswa menghormati gurunya begitu juga sebaliknya. Ini terlihat ketika proses belajar mengajar berlangsung maupun di luar KBM.
16.  Interaksi Sosial antar siswa
Interaksi sosial antar siswa berjalan cukup baik.




17.  Ruang OSIS
Ruang OSIS terdapat pada lantai dua yang dilengkapi dengan barang-barang sebagai berikut:
No
Nama Barang
Jumlah
Kondisi
1.
Meja kursi kerja
6 Set
Baik
2.
Komputer
1 Unit
Baik
3.
Almari
2 Unit
Baik
4.
Piala
36 buah
Baik
5.
Printer
1 Unit
Baik

18.  Tempat Ibadah
Sekolah ini memiliki tempat ibadah yang cukup memadai, berupa mushola yang diberi nama Musholla Al-Mu’awanah.
19.  Jumlah Kelas
Ruang kelas yang dimiliki SMK Negeri 2 Purworejo ada 18 kelas. Yang mana setiap kelas dilengkapi fasilitas belajar lengkap (meja, kursi, black board, alat kebersihan, dan lemari). Selain itu demi menunjang lancarnya proses informasi di setiap kelas juga terpasang speaker yang terhubung ke pusat.
20.  Ruang Sidang
Ruang sidang berada di lantai satu. Ruang sidang ini terdapat 24 buah kursi dan 12 buah meja, 1 buah jam dinding, 1 buah kipas angin.
21.  Jumlah Guru
Jumlah guru yang mengajar di SMK Negeri 2 Purworejo berjumlah 59 orang. Untuk masing-masing kelas 1 wali kelas.
22.  Jumlah Staff dan Karyawan
Jumlah staff dan karyawan yang terdapat di SMK Negeri 2 Purworejo sebanyak 20 orang.





B.     Perumusan Program Dan Rancangan Kegiatan Program KKN-PPL
Berdasarkan hasil observasi, maka permasalahan yang ditemukan di SMK Negeri 2 Purworejo disusun dalam bentuk program kerja dan di rumuskan dalam matriks program kerja kelompok KKN. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya pelaksanaan KKN dapat dilaksanakan secara terencana dan sistematis.
Dari matriks program kerja, kemudian dirumuskan dalam rancangan pelaksanaan. Program KKN yang sudah terlaksana kemudian diuraikan dalam laporan hasil kerja KKN kelompok.Untuk dapat lebih menunjang pelaksanaan KKN secara material, maka dibuat proposal KKN. Bentuk proposal terlampir.
Rancangan kegiatan PPL yang dilakukan sebagai berikut pada PPL di SMK Negeri 2 Purworejo
1.   Observasi
Kegiatan ini bertujuan agar praktikan mengenali lingkungan sekolah tempat mereka praktik mengajar agar terbentuk rasa memiliki dari praktikan terhadap sekolah. Kegiatan observasi dilaksanakan pada tanggal 10-14 Februari 2009.
2.   Observasi Pembelajaran
Observasi ini dilakukan di kelas saat guru program diklat memberikan materi program diklat dengan tujuan agar praktikan mengetahui secara langsung bagaimana kegiatan belajar mengajar di kelas sesungguhnya, bagaimana manajemen kelas sebenarnya. Selain itu dengan adanya observasi ini praktikan dapat mengenal calon peserta diklat tempat mengajar nantinya.
3.   Praktik Mengajar
Praktik mengajar ini merupakan inti dari kegiatan PPL. Tujuan dari kegiatan ini agar mahasiswa memiliki ketrampilan mengajar yang meliputi persiapan mengajar baik persiapan tertulis maupun tidak tertulis, juga ketrampilan melaksanakan proses Pembelajaran di kelas yang mencakup membuka pelajaran, memberikan apersepsi, menyajikan materi, ketrampilan bertanya, memotivasi peserta diklat pada saat mengajar, menutup pelajaran. Selain itu diharapkan praktikan bisa belajar memberikan ulangan harian, mengoreksi, menilai dan mengevaluasi.


BAB II
PELAKSANAN

A.    Persiapan
Syarat wajib agar dapat melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan, yaitu lulus mata kuliah pengajaran mikro. Tiap kelompok dalam pengajaran mikro kurang lebih ada sepuluh orang dengan dua dosen pembimbing mikro. Dengan pengajaran mikro ini diharapkan mahasiswa calon peserta KKN-PPL dapat belajar bagaimana cara mengajar yang baik dengan diawasi oleh dosen pembimbing mikro. Setelah adanya pengajaran mikro, maka di laksanakan pembekalan KKN-PPL pada tanggal 4 Februari 2009 di ruang Cine Club. Selain itu mahasiswa PPL juga melakukan tahap pra-PPL dimana mahasiswa melakukan observasi ke sekolah. Observasi tersebut terdiri dari dua kegiatan yaitu  pembelajaran dikelas dan observasi kondisi sekolah. Beberapa persiapan mengajar juga dilakukan sebelum mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di kelas. Persiapan tersebut meliputi :
a.      Mempelajari Silabus
Silabus ini memuat tentang :
1)      Standar Kompetensi
Standar kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa sebagai hasil dari mempelajari materi-materi bahasa Jawa.
2)      Tujuan pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berfungsi untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran apakah sudah sesuai dengan apa yang telah dirumuskan.
3)      Sub Kompetensi
Sub Kompetensi yaitu kemampuan minimal yang harus dicapai siswa dalam mempelajari mata pelajaran
4)      Kriteria Kinerja
Kriteria Kinerja berfungsi untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran
5)      Lingkup belajar
Lingkup belajar yaitu keseluruhan judul sub pokok bahasan / materi yang akan diajarkan
6)      Materi pokok pembelajaran
Materi pokok pembelajaran ini meliputi sikap, pengetahuan, dan ketrampilan. Materi merupakan uraian singkat tentang bahan yang akan diajarkan yang bersumber dari buku acuan dan buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran yang bersangkutan.
b.      Menyusun RPP
Kegiatan ini berkaitan dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini harus disiapkan oleh praktikan sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung serta  pembuatannya harus disesuaikan dengan GBPP (Garis-Garis Besar Program Pembelajaran) dan kurikulum yang berlaku saat ini. Adapun format yang tercantum dalam RPP adalah :
1)          Identifikasi
Identifikasi ini  memuat identitas sekolah, identifikasi mata pelajaran, kelas / program, dan semester
2)          Alokasi waktu
Waktu yang dibutuhkan untuk setiap kali tatap muka dan praktik.
3)          Standar Kompetensi
Standar kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa sebagai hasil dari mempelajari materi-materi bahasa Jawa.
4)          Kompetensi Dasar
Kompetensi Dasar yaitu kemampuan minimal yang harus dicapai siswa dalam mempelajari mata pelajaran.
5)          Indikator Keberhasilan
Indikator berfungsi untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran
6)          Tujuan Pembelajaran
Tujuan Pembelajaran berfungsi untuk mengetahui ketercapaian hasil pembelajaran apakah sudah sesuai dengan apa yang telah dirumuskan.
7)          Materi Pembelajaran
Materi merupakan uraian singkat tentang bahan yang akan diajarkan yang bersumber dari buku acuan dan buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran yang bersangkutan

8)          Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Metode pengajaran merupakan cara mengajar atau menyampaikan materi yang dilakukan oleh guru.
9)          Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran menjelaskan tentang bagaimana proses belajar mengajar berlangsung. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas ada tiga tahapan yang dilakukan yaitu: kegiatan memulai pelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan mengakhiri pembelajaran.
10)       Media
Media merupakan alat atau peraga yang digunakan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar sebagai pelengkap dan pendukung seperti white board, spidol, buku acuan, dsb.
11)       Sumber bahan
Sumber yang digunakan sebagai panduan untuk membantu terlaksananya kegiatan pembelajaran.
12)       Penilaian / Evaluasi
Dalam setiap kegiatan belajar mengajar diadakan evaluasi yang bertujuan untuk mengukur daya serap siswa terhadap materi yang telah disampaikan dan dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu, biasanya setelah materi pokok yang disampaikan selesai. Evaluasi yang diberikan dilakukan dalam bentuk pertanyaan maupun latihan soal.
c.       Membuat Soal Ulangan
Mahasiswa praktikan membuat soal ulangan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa terhadap materi yang telah diajarkan

B.  Pelaksanaan PPL ( Praktik Terbimbing dan Mandiri)
Mahasiswa sebagai agent of change di tuntut untuk mampu mengaktualisasikan kemampuan dan kompetensi yang dimilikinya sebagai hasil belajar di bangku kuliah dalam kehidupan yang nyata. Terkait dengan pemikiran tersebut, program PPL merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu yang dikuasainya. Dalam kesempatan ini praktikan telah melaksanakan program-program PPL di lokasi SMK Negeri 2 Purworejo, diantaranya sebagai berikut:
a.       Kegiatan Praktik Mengajar Terbimbing
Yaitu mahasiswa dalam melaksanakan KBM masih ditunggui oleh guru pembimbing.
b.      Praktik Mengajar Mandiri
Yaitu mahasiswa dalam melakukan KBM tidak ditunggui oleh guru pembimbing.
Agar KBM dapat berjalan dengan lancar, maka praktikan dituntut agar mampu mengelola kelas dan mampu menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif. KBM akan berjalan baik jika terjadi interaksi antara guru dengan murid. Maka ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan, yaitu:
Pembukaan dan mengadakan presensi agar mengetahui jumlah siswa yang hadir serta lebih mengenal siswa.
1.      Membuka Materi Pelajaran
Tujuan membuka pelajaran adalah untuk menyiapkan suasana kelas agar siap untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik secara fisik maupun mental.
Membuka pelajaran meliputi:
·         Membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa.
·         Mengecek persiapan buku.
·         Mengajukan pertanyaan mengenai bahan yang telah diajarkan pada pertemuan sebelumnya.
·         Mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan.
2.      Menyampaikan Materi Pelajaran
Agar menyampaikan materi dapat berjalan lancar maka guru harus menciptakan susana kondusif yaitu susana yang tidak terlalu tegang tetapi juga tidak terlalu santai. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi adalah dengan ceramah dan tanya jawab.
3.      Penggunaan Bahasa
Bahasa selama praktik mengajar adalah bahasa Jawa Krama, bahasa Jawa ngoko dan bahasa Indonesia.
4.      Penggunaan Waktu
Waktu dialokasikan untuk membuka pelajaran, menyampaikan materi, tanya jawab, serta menutup pelajaran.
5.      Gerak
Selama didalam kelas praktikan berusaha untuk tidak selalu di depan kelas. Tetapi, berjalan ke arah siswa dan memeriksa pekerjaan mereka untuk mengetahui secara langsung apakah mereka sudah paham tentang materi yang sudah disampaikan.
6.      Cara Memotivasi Siswa
Cara memotivasi siswa dalam penyampaian materi dilakukan dengan pertanyaan-pertanyaan reward serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berpendapat.
7.      Teknik Bertanya
Teknik bertanya yang digunakan adalah dengan memberi pertanyaan terlebih dahulu kemudian memberi kesempatan siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tetapi, jika belum ada yang menjawab maka praktikan menunjuk salah satu siswa untuk menjawab.
8.      Teknik Penguasaan Kelas
Teknik penguasaan kelas yang dilakukan oleh praktikan adalah dengan berjalan berkeliling kelas. Dengan demikian diharapkan praktikan bisa memantau apakah siswa itu memperhatikan dan bisa memahami apa yang sedang dipelajari.
9.      Evaluasi
Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah disampaikan. Evaluasi dilakukan setelah selesai menyampaikan materi secara keseluruhan berupa ujian.
Dalam pelaksanaannya mengajar terbimbing dilakukan pada saat-saat awal sedangkan untuk selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan untuk megajar mandiri. Praktik mengajar merupakan kegiatan pokok pelaksanaan PPL. Praktikan langsung terlibat dalam proses pelaksanaan belajar mengajar di kelas dengan tujuan agar praktikan mempunyai pengalaman mengajar secara langsung. Kegiatan PPL ini dibagi menjadi dua tahap dan satu tugas insidental, yaitu :

a. Kegiatan Mengajar
Kegiatan utama PPL yaitu mengajar, sehingga tiap-tiap mahasiswa diberikan kesempatan untuk dapat membagi keilmuannya kepada para siswa. Begitu pula dengan praktikan, praktikan diberi kesempatan utnuk mengajar Praktikan diberi kesempatan untuk mengajar kelas X yaitu AK 3,AK 4,PM 1dan PM 2.
Dengan jadwal yang relevan ini, dalam artian tidak terlalu banyak, cukup membantu praktikan dalam berinteraksi dengan siswa. Dan dalam praktik mengajar di kelas mengajarkan pada praktikan bagaimana berkomunikasi dengan siswa dan bagaimana dapat menguasai banyak kepribadian yang berbeda untuk dijadikan satu visi dan misi dalam rangka mengembangkan potensi diri dan pengembangan intelektual dalam bidang ilmu bahasa Jawa. Dengan batas minimal mengajar 8 kali kompetensi dasar dirasa cukup untuk mahasiswa dapat belajar untuk mengajar dan dengan kesempatan yang diberikan sudah mendukung upaya pihak kampus mengajari mahasiswanya untuk belajar kompak dalam Tim melalui kegiatan KKN-PPL karena antara mahasiswa yang satu dengan yang lainnya harus bekerjasama dan saling membantu. Praktik mengajar di kelas dalam pelaksanaannya dapat dijabarkan sebagai berikut :
·         Membuka pelajaran
·         Menyampaikan materi
·         Pengelolaan kelas
·         Keterampilan bertanya
·         Menutup pelajaran
Praktik mengajar yang dilaksanakan oleh masing-masing mahasiswa KKN-PPL sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh guru pembimbing masing-masing. Jadwal mengajar, materi pembelajaran, daftar hadir siswa dan daftar nilai siswa, RPP, lembar kerja dan hasil evaluasi terdapat dalam laporan ini. Berikut ini adalah jadwal mengajar beserta pertemuan mengajar selama PPL di SMK Negeri 2 Purworejo:


Jadwal Mengajar
NO
HARI
KELAS
JAM KE
1.

2.

3.
Selasa

Jum’at

Sabtu
X AK 4
X PM 1
X PM 2

X AK 3

4
6
5

1

Perubahan Jadwal Mengajar Bulan Puasa
NO
HARI
KELAS
JAM KE
1.
2.
3.
4.
Selasa  
Rabu jum’at
Sabtu
X AK 4
X PM 2
X AK 3
X PM 1
8
3
1
3

1)      Jumlah jam mengajar selama PPL di SMK Negeri 2 Purworejo
NO
HARI/TANGGAL
KELAS
JAM
MATERI
1.
Selasa /21 juli 2009
X AK 4

X PM 1
4

6
·   perkenalan dan menggantikan guru pembimbing mengajar bahasa Jawa.
2.
Jum’at/ 24 Juli 2009

X PM 2


5


·  perkenalan dan menggantikan guru pembimbing mengajar bahasa Jawa.
3.
Sabtu/ 25 Juli 2009
X AK 3


1
perkenalan dan menggantikan guru pembimbing mengajar bahasa Jawa.
4.
Selasa/ 28 Juli 2009
X AK 4
X PM 1

4
6

· Pengertian wara-wara
· Contoh wara-wara
· Membuat wara-wara
5.
Jum’at/31Agustus 2009
X PM 2


5


·   Wara-wara
·   Contoh wara-wara
·   Membuat wara-wara

6.
Sabtu/ 1 Agustus 2009
X AK 3
1

·   Wara-wara
·   Contoh wara-wara
· Membuat wara-wara
7
Selasa/4 Agustus 2009
X AK 1

X PM 1
4

6
· Pambukaning panghargyan
· .Pawarta





8
Jum’at/7Agustus ‘09
X PM 2
5
Pawarta
9
Selasa/11Agustus 2009
X AK 4
8
Critalucu
10
Selasa/25 Agustus ‘09
X AK 4
8
Ulangan Harian 1
11
Rabu/ 26 Agustus 2009
X PM 2
3
Ulangan Harian 1
12
Jum’at/ 28 Agustus ‘09
X AK 3
1
 Ulangan Harian 1
13
Sabtu/29 Agustus ‘09
X PM 1
3
 Ulangan Harian 1
14
Selasa/1September ‘09
X AK 4
8
Nelpon kanca
15
Rabu/2 September ‘09
X PM 2
3
Bahas Soal UH 1
16
Jum’at/4September ‘09
X AK 3
1
Bahas Soal UH 1
17
Sabtu/5September’09
X PM 1
3
Bahas Soal UH 1








b.  Umpan Balik dari Guru Pembimbing
Sebelum praktik mengajar dilakukan terlebih dahulu praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pemelajaran (RPP) yang kemudian dikonsultasikan pada guru pembimbing. Selama praktikan mengajar guru pembimbing mengamati praktik mengajar yang dilakukan oleh praktikan sehinga guru pembimbing dapat memberikan umpan balik kepada praktikan.
Dari umpan balik yang diberikan oleh guru  pembimbing maka praktikan dapat mengetahui hal-hal mana yang perlu diperbaiki dan hal-hal mana yang perlu dipertahankan serta hal-hal mana yang perlu ditingggalkan.
Jika praktikan mengalami kesulitan dalam proses belajar mengajar maka praktikan mengkonsultasikannya dengan guru pembimbing untuk meminta arahan dan bimbingannya agar proses belajar mengajar yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

c. Kegiatan di ruang sidang (bescam) dan Perpustakaan
Praktikan lebih sering melakukan kegiatan yang ada di ruang sidang dan perpustakaan, karena di ruang sidang dan perpustakaan tersebut praktikan melakukan kegiatan.
Tugas di ruang sidang antara lain:
a.       Membahas program KKN dan membuat laporan kegiatan.
b.      Mengerjakan program KKN.
c.       Mengerjakan tugas-tugas(membuat RPP dan lain-lain).
Tugas di perpustakaan, antara lain :
a.       Membantu menyetempel buku perpustakaan di buku perpustakaan.
b.      Menata buku-buku yang ada di perpustakaan.
c.       Menyampul buku-buku baru.

C. Analisis Hasil Pelaksanaan
Praktik mengajar merupakan inti dari kegiatan PPL selama mahasiswa terjun di lapangan. Dalam melaksanakan PPL di SMK Negeri 2 Purworejo praktikan mulai mengajar tanggal 25 Juli  2009 dan berakhir tanggal 12 September 2009. Dalam melaksanakan PPL ini banyak sekali faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses dalam PPL, diantaranya: 
1.      Faktor Pendukung
a.       Kedisiplinan tinggi dari seluruh komponen sekolah menjadi faktor pendukung yang penting demi tercapainya efektivitas dan efisiensi kegiatan belajar mengajar.
b.      Motivasi dari seluruh komponen untuk menjadi yang terbaik sangat mendorong semangat bagi praktikan agar mapu mengajar dengan baik.
c.       Hubungan yang baik dengan guru pembimbing, dosen pembimbing dan seluruh komponen sangat membantu praktikan dalam melaksanakan praktik mengajar.
d.      Besarnya perhatian pihak SMK Negeri 2 Purworejo kepada praktikan juga sangat membantu kelancaran kegiatan praktik mengajar.

2.      Faktor Penghambat
a.       Kurang matangnya observasi yang dilakukan sebelumnya sehingga banyak hal yang seharusnya diketahui lebih dini, terutama model pembelajaran. Solusinya dengan memperbanyak konsultasi dengan guru pembimbing.
b.      Masalah adaptasi praktikan dengan lingkungan dan komponen yang ada di sekolah termasuk dengan siswa, solusinya praktikan harus lebih aktif melakukan pendekatan dengan selururh komponen yang ada di sekolah.
c.       Masih ada siswa yang kurang aktif, tidak memperhatikan praktikan sehingga menghambat proses belajar mengajar. Solusinya dengan mencoba metode yang lain misalnya tanya jawab dan memperhatikan seluruh siswa.
Secara keseluruhan program dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa pada tahap persiapan (pembekalan) sudah cukup memberikan bekal bagi praktikan untuk terjun ke lapangan karena sudah relevan dengan hal yang sebenarnya yang ada di lapangan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL antara lain :
1.   Mahasiswa dapat merasakan dan mengenal bagaimana kehidupan seorang pendidik yang sebenarnya serta dapat  berusaha untuk membentuk sikap pendidik yang profesional.
2.   PPL menambah pengetahuan dan wawasan mahasiswa tentang guru, administrasi guru, dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran KBM.
3. Kegiatan PPL dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk menghadapi lingkungan kerja di masa mendatang.






BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
        Setelah melaksanakan PPL di SMK Negeri 2 Purworejo, diperoleh pengalaman baik secara langsung maupun tidak langsung yang dapat praktikan simpulkan sebagai berikut :
1.   Dari kegiatan tersebut, mahasiswa memperoleh pemahaman tentang seluk- beluk sekolah, lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar siswa secara langsung.
2.   PPL merupakan suatu kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang berhubungan dengan dunia pendidikan.
3.   PPL merupakan tolak ukur kemampuam mahasiswa dalm pengurusan bidang perkuliahan yang sudah ditempuh.
4.   PPL memberikan bekal berupa pengalaman yang nantinya dapat dipergunakan apabila mahasiswa terjun dalam pekerjaan.
5.   Mahasiswa mengetahui secara langsung kegiatan persekolahan yang menunjang proses belajar mengajar.
6.   Hubungan yang terjalin harmonis antara guru, siswa, dan karyawan dengan mahasiswa sangat membantu kelancaran PPL.
B. Saran
        Demi mewujudkan pelaksanaan program PPL yang akan dapat membawa hasil secara maksimal di masa yang akan datang, yang sekiranya mendapat perhatian sehubungan dengan pelaksanaan PPL adalah sebagai berikut :
1.   Untuk Mahasiswa
a.       Mahasiswa hendaknya lebih meningkatkan konsultasi dengan Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing.
b.      Dalam penyampaian materi pembelajaran perlu meningkatkan penggunaan metode yang komunikatif dan partisipatif.
2.   Untuk Pihak Sekolah
a.       Kerjasama dengan mahasiswa PPL hendaknya dipertahankan dan lebih ditingkatkan.
b.      Kesadaran diri dari seluruh komponen untuk menciptakan lingkungan belajar yang baik serta meminimalkan adanya jam kosong bagi siswa.
c.       Perpustakaan sekolah perlu untuk lebih ditingkatkan lagi guna membantu para siswa SMK Negeri 2 Purworejo dalam proses belajar mengajar.
3.        Untuk Pihak UPPL
a.       Perlu adanya peningkatan koordinasi antara UPPL, Dosen Pembimbing Lapangan ( DPL ) dan sekolah tempat mahsiswa PPL melakukan praktik mengajar.
b.      Kejelasan tentang batasan program PPL di sekolah perlu untuk ditingkatkan sosialisasinya.
c.       Pihak UPPL hendaknya meningkatkan pengontrolan dan monitoring ke lokasi PPL dimana mahasiswa diterjunkan.























DAFTAR PUSTAKA

UPPL. 2008. Panduan KKN – PPL.Yogyakarta : UPPL Universitas Negeri     Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar